logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Manfaat Omega 3 untuk kesehatan

Manfaat Omega 3 untuk kesehatan - Mungkin anda sering mendengar yang namanya omega 3, namun apakah omega 3 itu? Omega 3 adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang sangat baik dan juga diperlukan oleh tubuh, namun omega 3 hanya bisa diperoleh dari asupan makanan baik suplemen maupun sumber makanan seperti ikan tuna, ikan salmon, makarel, haring, ikan sarden, tenggiri, minyak kanola, walnut, kacang kenari, kacang kedelai, alpukat, bayam dll.

Asam lemak omega 3 sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan benar sesuai dengan dosis yang dianjurkan setiap harinya, omega 3 ini bisa didapat dari sumber makanan alami seperti ikan-ikanan maupun kacang-kacangan, dan sekarang banyak juga beredar omega 3 dalam bentuk suplemen sehingga bisa lebih mudah dikonsumsi.

Setiap orang tentunya memerlukan asupan omega 3 setiap harinya dan menurut The Institute of Medicine mereka merekomendasikan untuk mengkonsumsi omega 3 sebanyak 1,6 gram bagi pria dewasa dan 1,1 gram bagi wanita dewasa, dosis tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan omega 3 setiap harinya.
Omega 3 mengandung komponen yang sangat penting bagi tubuh seperti DHA dan EPA yang terdapat dari sumber makanan ikan-ikanan sedangkan LNA banyak terdapat dari sayuran yang berwarna hijau.

Manfaat Omega 3 untuk kesehatanBeberapa manfaat omega 3 untuk kesehatan tubuh yaitu:
  • Menurunkan resiko penyakit jantung, omega 3 sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung karena omega 3 dapat membuat organ arterial menjadi lebih elastis selain itu omega 3 dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi.
  • Menyehatkan mata, omega 3 sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata secara umum .
  • Menurunkan kadar kolesterol tinggi, lewat penelitian yang pernah dilakukan rutin mengkonsumsi ikan yang kaya omega 3 sangat bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik dan juga terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dan LDL dalam darah.
  • Meningkatkan kesehatan otak, omega 3 sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak kita karena sangat mempengaruhi perkembangan membran sel dalam sistem neurologis di dalam otak, selain itu omega 3 mampu meningkatkan daya ingat sehingga sangat cocok untuk mereka yang sering pelupa.
  • Mengurangi depresi, untuk anda yang sering mengalami depresi ringan omega 3 sangat baik juga untuk dikonsumsi.    
  • Anti inflamasi, omega 3 sangat baik untuk membantu memulihkan kondisi penyakit seperti eksim, psoriasis, asma dan juga radang sendi.
  • Mengurangi resiko pembekuan darah, omega 3 dapat membantu untuk menurunkan resiko pembekuan darah sehingga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah penyebab stroke.
  • Baik untuk wanita hamil, omega 3 sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik pada bayi yang sedang dikandung.
  • Mengurangi rasa sakit saat datang bulan, untuk wanita yang sering mengalami sakit pada saat haid anda bisa mengkonsumsi omega 3 sehingga rasa sakit pada saat haid bisa berkurang.
  • Mencegah penyakit alzheimer, untuk orang yang sering mengkonsumsi omega 3 setiap hari terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer.
  • Baik untuk penderita diabetes, omega 3 baik juga dikonsumsi untuk penderita diabetes karena menurut penelitian omega 3 dapat menurunkan risiko penyakit diabetes sebesar 2x lipat
  • Membantu penyerapan vitamin, dengan mengkonsumsi omega 3 maka sangat membantu dalam hal penyerapan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A,D,E dan K.
  • Meningkatkan perkembangan anak, anak-anak yang sering mengkonsumsi omega 3 sangat baik untuk membantu perkembangan fisik dan mental anak.
Untuk anda yang mengkonsumsi omega 3 dalam jumlah banyak disarankan untuk menguranginya karena jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Beberapa efek samping dari omega 3 jika dikonsumsi berlebihan:
  • Meningkatkan kadar glukosa darah, suplemen omega 3 jika terlalu banyak dikonsumsi dapat meningkatkan kadar gula darah, karena itu untuk penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi asam lemak omega 3 ini. 
  • Gangguan pada perut, untuk anda yang sering mengkonsumsi suplemen minyak ikan melebihi dosis yang dianjurkan bisa jadi anda akan mengalami gangguan pada perut seperti diare dan perut kembung karena produksi gas dalam lambung meningkat.
  • Meningkatkan resiko terkena stroke, meskipun efek samping ini masih jarang terjadi namun anda sebaiknya tidak mengkonsumsi omega 3 berlebihan setiap hari .
  • Memar dan pendarahan, untuk anda yang mempunyai masalah dalam pembekuan darah ataupun mengkonsumsi omega 3 bersamaan dengan obat pengencer darah sebaiknya berhati-hati karena besar kemungkinan akan mengalami pendarahan dan memar, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi omega 3 ini.
Itulah artikel mengenai "Manfaat Omega 3 untuk kesehatan" yang bisa anda coba dengan mengkonsumsi sumber makanan yang mengadung omega 3 ataupun suplemen omega 3, namun sebaiknya dikomsumsi tidak terlalu berlebihan supaya tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.
Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Manfaat Omega 3 untuk kesehatan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Manfaat Omega 3 untuk kesehatan sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

63 comments

omega 3 ternyata sangat banyak manfaatnya bagi tubuh ya mas, makasih sharingnya saya jadi tahu perlunya makan makanan yg kaya omeha 3 :D

Balas

Fish Oil is especially rich in Omega 3 and Omega 6.

Balas

wahh banyak juga ya mas manfaatnya untuk tubuh kita

Balas

ternyata bisa mengurangi depresi
harus secukupnya ya mas,,,, konsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan kita

Balas

iya mbak sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja, berlebihan malah tidak baik untuk kesehatan.

Balas

iya mas, silahkan dicoba omega 3nya, karena banyak manfaatnya :)

Balas

yes fish oil rich in omega 3 and very good for health.

Balas

iya mbak banyak makan makanan yang mengandung omega 3 sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, silahkan dicoba :)

Balas

Hebat manfaatnya ya mas..saya lagi mengkonsumsi sari kedelai dan bayam yang lain menunggu
makasih ya mas infonya bisa membuat jantung saya sehat ntar

Balas

baru tau kalau ternyata omega 3 itu bukan hanya untuk kebutuhan anak balita dan ibu hamil doang ya....tapi resiko dari omega 3 yang ningkatin resiko kena stroke itu rada serem juga ya.
makasih ilmunya

Balas

berarti vitamin juga harus ada porsi dan ukuran yang di konsumsi yaa mas, kalau berlebihan ada efek sampingnya juga
thanks mas informasinya
:)

Balas

enak dan banyak manfaatnya ya...

Balas

Makanan yang mengandung omega 3 sangat bermanfaat tubuh
Yah Mas Anthonie, saya baru tau nih terima kasih atas infonya Mas :)

Balas

banyak jg ya manfaat omega3. tp dari segi resiko'a sangat membahayakan juga mas.. :D

Balas

Mas Anthonie sekarang ini badan saya walaupun sehat tapi
Agak kurus, jika selalu makan makanan yang mengandung
Omega 3 itu bisa agak gemukan dikit atau singset kalau
Istilah cewek mah..? sepertinya pola makan saya kurang pas deh

Balas

banyak juga manfaatnya ya,,, tapi kok ada efect sampingnya juga ya??

Balas

iya mas jika dikonsumsi berlebihan malah berbahaya bagi kesehatan.

Balas

iya mas jika dikonsumsi berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan.

Balas

iya mas karysta sama-sama, semoga bermanfaat :)

Balas

betul mas, terlalu berlebihan malah tidak baik untuk kesehatan.

Balas

iya kang, jika terlalu berlebihan mengkonsumsi omega 3 akan berbahaya bagi tubuh kita.

Balas

iya mbak yang penting banyak mengkonsumsi makanan sehat alami supaya kita terhindar dari berbagai penyakit.

Balas

nggak apa-apa mas, bagus juga kalau makan makanan yang mengandung omega 3, yang penting sehat kan :)

Balas

Ya, apapun itu kalau berlebihan berdampat tidak baik Kang. Makasih share tentang Omega 3 nya Kang

Balas

manfaatnya banyak, tapi kalau mengkonsumsinya banyak, malah jadi bahaya

Balas

Ternyata banyak juga ya mas manfaatnya, makasih mas sharingnya, penting juga omega 3 ini.

Balas

wah iya mas saya juga sering banget denger istilah omega 3 ini di tv, memang banyak banget ya manfaatnya. Cocok untuk dikonsumsi tubuh agar sehat wal afiat :)

Balas

wah harus sering makan yang berlemak ya mas kalau mas karis pengen gendut hehehe :D

Balas

iya mas sebaiknya dikonsumsi tidak terlalu berlebihan.

Balas

iya betul sekali mas :)

Balas

iya mas sangat penting untuk kita konsumsi :)

Balas

iya mbak sering makan makanan sumber omega 3 sangat bagus sekali untuk kesehatan :)

Balas

artikelnya bagus... Omega 3 memang sangat baik bagi tubuh kita :)) tetapi harus sesuai dengan kebutuhan :) kalau kebanyakan akan tidak baik bagi tubuh..

Balas

Oalah jadi yang di sebut omega 3 itu lemak tak jenuh to mas. Kalau melihat makanan yang mengandung omega tiga di atas. Sepertinya saya kurang asupan omega 3 deh mas. Hehehe harus di perbaiki nih asupan gizinya. Terimakasih ya mas.?

Balas

kita harus sering2 konsumsi omega 3 ya mas

Balas

ternata omega3 ini ada dimana-mana ya mas, mulai dari di dalam telur, ikan, hingga buah-buahan dan sayuran. Jadi sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang kaya omega3 ini apabila kita ingin hidup sehat dan bugar ya :)

Balas

mau donk yang rich rich hehehe :D
rich money hehehe :D

Balas

iya mbak semua sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan-ikanan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita jadi sering sering mengkonsumsi makanan tersebut.

Balas

mengkonsumsi rutin setiap hari bagus mas buat kesehatan.

Balas

iya mas silahkan dicoba omega 3 nya, semoga bisa bermanfaat :)

Balas

iya betul sekali sob semua yang dikonsumsi terlalu berlebihan akan tidak baik untuk kesehatan.

Balas

OMEGA 3 ini umumnya ada pada IKAN ya. Penting nih rasanya OMEGA 4 buat keehatan keluarga. Saya dari dulu suka sama IKAN :)))

Balas

Ternyata banyak manfaatnya ya :)

Balas

harus banyak-banyak makan makanan yang mengandung omega 3 kalo gini...

Balas

setiap makanan yang bagus pasti mempunyai kandungan vitamin, protein, gizi dll ya mas. Tapi sebagai masyarakat awam, kita jarang mengetahui hal itu. Dengan adanya artikel diatas, semoga bisa mencerahkan kita semua yya mas tentang kadungan berbagai makanan yang mengandung omega 3 :)

Balas

jangan lupa bagi-bagi mas makanan nya ya biar kita semua hidup sehat hehe e;D

Balas

Baiklah Mas Anthonie saranya saya akan saya praktekan biar
Saya selalu sehat dengan pola Makn yang selalu mengandung
Omega 3, biar tambah keren gitu, betul enggak coba..? :D

Balas

Dari pada TB Kesana kemari gak jelas mendingan siak
Lagi Artikel kesehatanya Mas Anthonie deh biar tubuh lebih Vit dan Fresh

Balas

Makasih mas Karysta, semoga bermanfaat artikelnya :)

Balas

iya mbak Ririn asalkan kita sering mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan, serta ikan dan kacang-kacangan maka bagus juga untuk kesehatan tubuh kita.

Balas

iya mas sering makan makanan yang mengandung omega 3 tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, iya kan mbak Ririn :)

Balas

iya mas Karysta dan mbak Ririn, semoga bermanfaat :)

Balas

iya bagus mas Asep kalau sering makan ikan karena mengandung omega 3.

Balas

iklan di tv juga sering ada kata-kata omega 3 ya mas. jadi baik untuk dikonsumsi tubuh ya :)

Balas

iya mbak, omega 3 bagus untuk kesehatan jadi sebaiknya sering-sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3.

Balas

Begitu banyaknya ya manfaat dari omega 3 ini :)

Balas

iya mas, boleh dicoba omega 3 nya :)

Balas

untuk menjaga kesehatan, sebaiknya konsumsi softgel dgn kandungan natural fish oil 1000mg, omega 3 marines triglicerides 300mg, EPA 180mg, dan DHA 120mg... brp softgel per hati? dan efektif dikonsumsinya pagi/siang/malam sebelum atau setelah makan mas? makasih banyak-suryo

Balas

Makasih mas Suryo buat masukannya semoga bisa bermanfaat buat kita semua :)

Balas

Tara Kid Cod Liver Oil + DHA merupakan suplemen khusus untuk anak yang mengombinasikan Cod Liver Oil yang kaya akan Omega 3, Vitamin A, dan Vitamin D. Dengan nutrisinya yang lengkap, Tara Kid sangat efektif dalam mengoptimalkan kesehatan, kecerdasan, daya tahan tubuh, dan kreativitas anak.

Balas

luar biasa manfaat omega 3 ini ya dalam makanan apa ya

Balas

Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
http://zapplerepair.com/Macbook-Pro-2017-touchbar-ganti-lcd-cara-buka-casing-bawah.html

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger
-->