logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Hati-hati gejala diabetes

Gejala diabetes - Kencing manis atau Diabetes Melitus merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena tubuh tidak dapat menghasilkan hormon pengatur gula darah atau disebut juga insulin, karena insulin tidak dapat bekerja dengan baik atau tidak mencukupi sehingga akibatnya gula darah dalam tubuh menjadi meningkat.

Untuk mereka yang memiliki riwayat keluarga Diabetes kemungkinan besar akan juga menderita Diabetes, namun penyakit ini tidak hanya terjadi pada orang yang mempunyai riwayat Diabetes saja, setiap orang dapat saja mengalami penyakit ini, dikarenakan kolesterol yang tinggi, kegemukan, hipertensi dan kurangnya beraktifitas fisik seperti olahraga.

Hati-hati gejala diabetesBagi mereka yang sudah berumur 40 tahun keatas dengan badan yang gemuk untuk lebih berhati-hati karena beresiko terjadinya penyakit Diabetes.

Untuk mereka yang terlalu sering bergadang perlu juga waspada karena beberapa penelitian yang dilakukan ternyata kebiasaan tidur terlalu larut dan kurangnya jam tidur mengakibatkan sekresi hormon insulin yang tidak sempurna, karena gula tidak dapat dirubah menjadi energi akibatnya kadar gula menumpuk di dalam darah, sehingga memicu terjadinya Diabetes melitus.

Faktor penyebab terjadinya diabetes bukan dikarenakan terlalu banyak makan gula, tapi dikarenakan pola makan menjadi tinggi lemak dan kurangnya berolahraga, yang perlu dibatasi adalah total kalori yang kita konsumsi.

Tanda-tanda gejala diabetes yang biasa dialami yaitu:

  • Sering melakukan buang air kecil
  • Selalu merasa haus dan banyak minum
  • Selalu merasa lapar dan banyak makan
  • Berat badan mengalami penurunan
  • Terjadi gangguan pada mata seperti mata kabur atau kebutaan
  • Badan menjadi terasa lemah
  • Sering mengantuk
  • Jika terdapat luka, maka luka akan lama untuk sembuh
  • Mudah terjadinya infeksi pada gusi, saluran kencing dan kulit.
  • Untuk penderita Diabetes tahap lanjut biasanya terjadi gejala-gejala seperti kulit tersa tebal, sering kesemutan, panas dan seperti tertusuk jarum, sering kram, mudah lelah dan mengantuk, gairah seksual mengalami penurunan.
  • Jika penderita adalah ibu hamil, kadangkala terjadi gangguan kehamilan seperti janin mati dalam kandungan, keguguran, atau bayi lahir dengan berat yang melebihi normal.

Diabetes digolongkan menjadi 2 tipe utama yaitu:

  • Tipe 1: sekitar 10% - 15% penderita diabetes dari tipe ini dan biasanya terjadi pada anak-anak dan remaja atau dibawah 20 tahun , penyebabnya adalah terjadinya kerusakan pada pankreas sehingga berkurangnya produksi insulin dalam tubuh, tipe 1 ini susah untuk dicegah dan diprediksi karena merupakan kelainan genetik yang dibawa sejak lahir, penyebabnya dikarenakan tubuh tidak dapat membuat lagi hormon insulin dengan baik maka untuk mengatur gula darahnya penderita harus menggunakan suntikan insulin atau pompa insulin.
  • Tipe 2: merupakan tipe yang paling banyak diderita sekarang ini sekitar 85% - 90% penderita Diabetes dari tipe ini dan biasanya terjadi pada orang di atas 35 tahun, terjadi karena adanya resistensi insulin dalam artian insulin sudah cukup namun tidak dapat bekerja dengan baik  dalam hal mengontrol kadar gula dalam darah, untuk tipe ini biasanya diberikan obat oral atau obat telan, diabetes tipe 2 ini sangat bisa dicegah dan diprediksi karena biasanya menyerang pada orang-orang yang kurang berolahraga dan pola makan yang tidak sehat.

Bahayanya jika gejala diabetes dibiarkan berlarut-larut:

Penyebab kematian dari penderita diabetes bukan dikarenakan penyakit diabetes itu sendiri tetapi dikarenakan oleh komplikasi yang ditimbulkan,  bahkan  hampir 40% penderita diabetes mengalami penyakit jantung, dan sisanya mengalami komplikasi seperti gagal ginjal, kanker dan penyakit stroke.

Jika penyakit diabetes melitus dibiarkan tanpa penanganan yang serius maka dapat memicu terjadinya komplikasi seperti :
  • Terjadinya gagal ginjal
  • Terjadinya kebutaan
  • Gangguan sistem saraf
  • Penyakit stroke
  • Gangguan ereksi pada pria
  • Penyakit jantung
  • Sangat rentan terhadap infeksi
  • Gangguan kardiovaskular (sistem peredaran darah)
  • Memungkinkan mengalami amputasi
Dengan berolah raga secara teratur, diet yang tepat dan menurunkan kelebihan berat badan maka dapat menormalkan kadar gula darah di dalam tubuh, gula darah akan kembali meningkat jika ketiga hal tersebut tidak dijaga dengan baik.

Sampai saat ini masih belum ditemukan obat untuk penyakit diabetes, oleh sebab itu lakukan pencegahan dini dengan melakukan pola hidup sehat seperti pola makan yang baik , istirahat yang cukup, menghindari stres berlebihan dan olahragalah secara teratur.

Untuk penderita diabetes sebaiknya melakukan diet diabetes, yaitu makanlah makanan yang mengandung karbohidrat serat pengganti nasi seperti kentang, beras merah, sereal, tepung whole wheat, roti, gandum utuh.
Juga biasakan mengkonsumsi sayuran yang kaya akan serat karena bagus untuk membantu program diet diabetes seperti mentimun, kol dan selada,
Untuk buah-buahan yang baik untuk penderita diabetes adalah tomat, jeruk dan buah berry.
Berjemurlah di bawah matahari pagi karena dapat meningkatkan fungsi sel dalam tubuh yang memproduksi insulin.
Olahraga secara teratur, karena dengan bergerak dan beraktifitas fisik dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Dibawah ini adalah tabel kadar gula darah dalam tubuh
 photo tabelguladarah_zpsb82501da.jpg
indodiabetes.com



Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Hati-hati gejala diabetes . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Hati-hati gejala diabetes sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

62 comments

diabetes memang nakutin, perlu waspada buat jaga kesehatan nih kalo udah tau ada info gini.
tankyu infonya brother

Balas

diabetes emang penyakit yang harus diwaspadai gan, sangat berbahaya yang penting kurangi makan makanan yang manis...
btw, kunjungan siang gan...:)

Balas

wah saya harus cek gula darah, soalnya belakangan saya sering haus & buang air kecil. diabetes memang harus diwaspadai , dengan diet & pola hidup sehat, terima kasih tips sehatnya mas

Balas

Waah perlu waspada nie soB. Penyakit ini sekarang banyak diderita oleh anak2 muda juga. :D

Balas

waduh ternyata begadang juga dapat menimbulkan diabetes ya

Balas

I wish you all very much!
Hólabdacsere

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

@Faceblog Evolutions: Sama-sama sobat semoga bermanfaat :)
@baguz: Iya sob perlu waspada...
@Alya Zahra: Selain mengurangi manis juga harus dibarengi olahraga juga sob.
@Buret: Untuk lebih yakin lebih baik memang perlu cek gula darah sob

Balas

@belajar bahasa Inggris: kalau anak-anak muda di bawah 20 tahun biasanya adalah karena faktor genetik mas...
@Nicole: Thank you my friend for visiting my blog :)
@penyuluh perikanan: Terimakasih sob... semoga bermanfaat :)
@Mang Yono: Iya mang, jangan sering-sering begadang kalau nggak penting... bisa merusak kesehatan...

Balas

@Hólabda: Thanks my friend for visting my blog :)
@Muslimedica: Makasih sob... situsnya sobat malah lebih bagus kok :)
@TrafikID.com: Makasih informasinya sob... makasih atas kunjungannya :)
@SEO Killer: Thanks infonya sob...

Balas

mencegah itu lebih baik dari mengubati..

Balas

ngeri juga sob,,ana ini bertubuh gemuk loh,dan jarang olahraga,tapi sekarang timbul niat untuk olahraga nih stelah baca artikel ini,Terimakasih kawan untuk infonya,,,

Balas

Thank you for making this interesting article. I'm happy to visit here

Balas

Datang lagi dan membaca ulang disini sobat, soalnya sangat penting dan berguna utk menambah pengetahuan
terima kasih

Balas

jadi ingat lagunya bang haji Rhoma Sob, begadang jangan begadang nanti kena diabetes
hehehe.....

Balas

@Mizz Aiza: Betul sobat lebih baik mencegah daripada mengobati...
@Dede Thea: Iya kang Dede harus dibiasakan berolahraga...
@sihaloho: Thank you my friend for visiting my blog :)

Balas

@Penyuluh Perikanan: Makasih kunjungannya sobat semoga bermanfaat :)
@Fairus Roy: Hehe... memang betul begadang nggak bagus buat kesehatan sob...

Balas

As always, thanks for your visit...here visiting too..

Balas

@Nicole: Thanks for visiting my blog :)
@lisgold: Thanks Lisgold, I am very pleased with your visit here :)

Balas

jaga kesehatan biar tidak kena gejala diabetes

Balas

wah pak saya sering merasa haus dan sering buang air kecil pak terus jika minum air RO atau isi ulang rasanya manis dan sering mengantuk juga apakah saya terkena diabetes pak
terimakasih sebelumnya atas infonya ini

Balas

Terimakasih sobat udah share informasinya semoga bermanfaat

Balas

Selamat siang sobat terima kasih kunjungannya :)

Balas

Sangat bermanfaat sekali nih sohib.. Saya jadi semakin sadar akan kesehatan diri dan terutama masalah diabetes ini, karena Ibu saya juga terkena penyakit ini...
Tq sudah berbagi ya...

Balas

Diabetes ini ternyata penyakit yang membahayakan ya sob, tapi syukurlah setelah memnbaca postingan ini kita jadi tahu dan bisa menjaga kesehatan
terima kasih sobat infonya

Balas

Ada saudara sepupu sudah dua tahun ini menderita diabetes, tapi dia sih masih makan nasi putih.
Terima kasih infonya, penyakit ini memang harus diwaspadai.

Balas

sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya,terima kasih :)

Balas

@Nicole: Good night to you too my friend :)
@Permata Kopo: Iya sob jaga pola makan dan olahraga :)
@teknik ketenagalistrikan: Untuk pastinya lebih baik lakukan cek kadar gula sob :)

Balas

@penyuluh perikanan: Makasih kunjungannya semoga bermanfaat :)
@Marnes Clicker: Sama-sama sob... makasih udah mampir :)
@nurcahyaku10: Oke sobat... semoga sukses selalu.
@Anak Mas: Semoga bermanfaat sob, semoga ibunya cepat sembuh...

Balas

@Penyuluh Perikanan: iya sob... semoga bermanfaat :)
@Mang Yono: Makasih kunjungannya mang Yono :)
@lina@happy family: Wah kalau bisa jangan mengkonsumsi nasi terlalu sering, karena nasi mengandung kadar gula yang tentunya tidak baik untuk penderita diabetes.

Balas

@Rahmadi Egoy: Terimakasih sobat... semoga bermanfaat :)
@Mas Rip: Sama-sama sob... makasih kunjungannya...

Balas

Info bagus sob, untuk menambah pengetahuan tentang gejala diabetes

Balas

@The Beatles Lyric: Makasih sob... semoga bermanfaat :)

Balas

Thank you very much for your visit and wish you a nice day joyful weekend :)

Balas

Thank you very much for your visit and wish you a nice day Have a nice weekend :)

Balas

@Nicole: Thank you my friend for visiting my blog :)
@Ann: You're welcome my friend... Have a nice weekend :)
@Anikó: You're welcome my friend... wish you a nice day joyful weekend :)

Balas

terimakasih banyak mas infonya sangat berguna sekali. mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan begitu mas....???

Balas

terima kasih untul info ini...mas
dan semoga kita selalu bisa menjaga kesehatan...atas tips ini :)

Balas

Good evening, visiting here and happy weekend!

Balas

@M. Alex Joenaedi: Betul mas Alex, lebih baik mencegah daripada mengobati :)
@budi os 19: Sama-sama mas Budi... semoga selalu sehat ya...
@lisgold: Thanks my friend... have a nice weekend :)

Balas

makasih atas informasinya kang, wah... aku sering begadang, dah gtu ngopi juga xixii... kayaknya mulai saat ini haris lebih dijaga ya kang, biar gak kena diabetes ... :)

Balas

berkunjung dihari minggu.. sanbil baca2 lagi

Balas

@EKA IKHSANUDIN: Iya kang Eka, jangan terlalu sering begadang, nggak bagus buat kesehatan :)
@Yono Karyono: Silahkan mang Yono... semoga bermanfaat :)

Balas

dear Friend, time is
more than money
they can
not acquire
but only on,
Sunday enjoy with joy, I wish you a wonderful Sunday, Dieter

Balas

@Dieter: Thanks my friend for visiting my blog... Happy Sunday :)

Balas

Selamat malam kawan,baru bisa mengudara lagi nih,,,,,

Balas

@Dede Thea: Makasih kunjungannya kang Dede, gimana khabarnya?

Balas

dear friend, we plunge into the new week, and hope for good luck and success, I wish you a good start to the week, many greetings from, Dieter

Balas

kunjungan malam kawan

Balas

@Dieter: Thank you my friend for visiting my blog :)
@Mang Yono: Makasih atas kunjungannya mang, apa khabar?
@lisgold: You're welcome my friend, thanks for visit me back :)

Balas

dear friend, sometimes you wish to
 to stop time,
only at the moment
to enjoy a little longer, I wish you a wonderful Tuesday. Dieter

Balas

Thanks for the visit, here visiting too..

Balas

@Dieter: Thanks my friend for the visit...
@mulitania primadara: Makasih gan semoga bermanfaat...
@lisgold: Thank you my friend... have a nice day :)

Balas

dear Friend, use your life force to all your
To meet needs,
find your happiness in balance
your soul, I wish you a happy Wednesday, many regards, Dieter

Balas

When a woman finds out that she is pregnant it becomes difficult to think of something else. This results in the woman being anxious to announce the exciting news with other people specially the partner. There has been a lot of controversy on the best time to make an announcement about pregnancy.

Balas

dear friend, use the time
because it escapes as
 In the water
Ocean of eternity,
A contented mind
is a perpetual
Hard, I wish you a wonderful Thursday, many greetings from, Dieter

Balas

@Dieter: Thanks my friend Dieter...Have a nice weekend :)
@HEPATITIS C: Informasi yang bermanfaat kawan... makasih kunjungannya...

Balas

@Announcing Your Pregnancy: Thanks my friend for visiting my blog :)
@nomad: Thanks my friend... have a nice weekend :)
@Dieter: Thanks for visiting here and happy weekend!

Balas

orangtua saya juga punya riwayat diabetes ini, harus selalu menjaga pola hidup sehatnya

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger
-->