logo blog
Selamat Datang Di Blog Rahasia hidup sehat
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Rahasia hidup sehat,
semoga artikel-artikel di blog Rahasia hidup sehat ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Salam sehat selalu.

Bahaya merokok bagi kesehatan

Bahaya merokok bagi kesehatan - Merokok pertama kali berasal dari suku bangsa Indian di Amerika, namun suku Indian dulu kegiatan merokok adalah untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh.

Setelah abad ke 16, saat para penjelajah Eropa menemukan benua Amerika, mereka mulai mencoba untuk menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau itu ke Eropa sehingga kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa, namun di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Setelah abad ke 17 para pedagang Spanyol mulai masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.

Bahaya merokok bagi kesehatan
Bahaya merokok
Para ahli kesehatan dunia melalui banyak riset dan penelitian terbukti bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh  selain menimbulkan ketergantungan juga menimbulkan bayak penyakit, diantaranya adalah penyakit kanker, penyakit pernapasan, penyakit jantung,  penyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, emfisema dll.

Mereka yang mencoba pertama kali merokok biasanya akan merasakan batuk-batuk karena asap yang masuk paru-paru, dan karena merokok membuat efek ketergantungan seseorang akan susah untuk lepas dari kebiasaan merokok, walaupun mereka tahu akan bahaya dan resiko terkena berbagai macam penyakit, seperti yang tertulis di setiap dus pembungkus rokok " Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin", namun tulisan peringatan akan bahaya merokok tersebut hanya sekedar tulisan saja yang dianggap tidak penting.

Dan sekarang generasi muda/ pelajar sudah tidak ragu-ragu lagi mencoba merokok, walaupun dengan sembunyi-sembunyi bahkan anak SD sudah banyak yang mencoba-coba untuk merokok. Tidak heran jumlah orang yang ketergantungan merokok menjadi meningkat pesat, bahkan mereka yang sudah ketergantungan lebih mementingkan merokok dari pada mengkonsumsi makanan sehat atau hal-hal lainnya.
Setiap tanggal 31 Mei seluruh dunia mengkampanyekan hari tanpa asap rokok atau World No Tobacco Day di bawah naungan badan kesehatan dunia(WHO).

Berikut adalah beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam rokok:
  • Nikotin, mempunyai efek candu meskipun membuat perokok merasa rileks, namun mengandung efek ketagihan selain itu dapat merusak jaringan otak, mengeraskan dinding arteri dan menyebabkan darah cepat membeku.
  • Tar, mengandung lebih dari 4000 bahan kimia, dan 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik yang memicu bertumbuhnya sel kanker.
  • Arsenik, bahan yang digunakan untuk racun tikus.
  • Asetilena, senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna.
  • Sianida, senyawa kimia dari kelompok cyano.
  • Benzene, senyawa kimia organik yang mudah terbakar
  • Cadmium, sebuah logam beracun radioaktif.
  • Metanol, jenis alkohol sederhana (metil alkohol).
  • Formaldehida, cairan yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Amonia, sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap kendaraan, yang mempunyai efek mengikat oksigen dalam tubuh sehingga berakibat memicu terjadinya penyakit jantung
  • Hidrogen sianida, zat pembuat plastik dan pestisida, zat ini digunakan juga sebagai fumigan untuk bahan membunuh semut.
Beberapa penyakit yang disebabkan oleh merokok:
  1. Kanker, kanker paru-paru merupakan salah satu akibat yang banyak terjadi dari kebiasaan merokok, serta kanker lainnya dari efek negatif dari merokok seperti kanker mulut, kotak suara atau laring, tenggorokan dan kerongkongan, tidak hanya itu merokok ternyata memicu juga terjadinya kanker ginjal, kandung kemih, perut pankreas, leher rahim dan kanker darah (leukemia).
  2. Penyakit jantung dan Stroke, merokok dapat menimbulkan terjadinya pengerasan pada pembuluh darah hal ini terjadi karena terjadinya penumpukan zat lemak di arteri, lemak dan plak memblok aliran darah dan membuat penyempitan pembuluh darah sehingga memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke.
  3. Imptns, merokok merupakan salahsatu resiko utama untuk penyakit pembuluh darah perifer, yaitu menyempitnya pembuluh darah yang mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh sehingga dapat juga mengakibatkan imptn.
  4. Gangguan Janin, untuk ibu yang sedang mengandung, merokok berakibat buruk juga terhadap kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan, termasuk infertilitas (kemandulan), kematian janin, keguguran,  bayi lahir dengan berat badan rendah, dan sindrom kematian mendadak bayi.
  5. Penyakit paru, orang yang merokok beresiko terkena penyakit di sekitar paru-paru seperti pneumonia, emfisema dan bronkitis kronis, penyakit paru-paru ini dapat bertambah buruk dari waktu ke waktu bahkan dapat mengakibatkan kematian. 
  6. Diabetes, menurut penelitian merokok juga dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes, dan efek dari komplikasi dari diabetes dapat memicu terjadinya bermacam penyakit seperti stroke, penyakit jantung, penyakit mata, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal dll. 
Tubuh seorang perokok
www.slideshare.net


Jika anda belum pernah merokok usahakanlah untuk tidak mencoba merokok, namun jika anda termasuk salah satu perokok aktif cobalah pelajari dan renungkan efek negatif dari merokok bagi kesehatan tubuh dan cobalah untuk mengurangi sedikit demi sedikit, banyaklah berolahraga, dan melakukan pola hidup sehat, karena sehat adalah butuh pengorbanan.


Facebook Comments
Terima kasih telah membaca Artikel Bahaya merokok bagi kesehatan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Bahaya merokok bagi kesehatan sebagai sumbernya.
Enter your email address to get update from Rahasia hidup sehat.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

43 comments

Waduh harus segeran dikurangi nih ngerokonya.

Balas

Iya sob kalo bisa dikurangi aja ngerokoknya, gak bagus buat kesehatan :)

Balas

haduuh mas,saya nih paaling tidak bisa tanpa rokok je,bahaya juga ya kalau keseringan

Balas

semua sudah tahu bahaya rokok, tapi kenapa laki-laki banyak yang tetap merokok?

Balas

Buat yang suka merokok, coba dikurangi merokoknya sob :)

Balas

waduh saya sih sering juga mas,

tapi ngak terlalu sering

oh ya link nya sudah saya letakin balik dan followed sukses untuk blog ini

sebelumnya saya mohon maaf karena saya lama baru bisa mampir disini karena banyak kegiatan di dunia nyata baik itu kerja atau pun perkuliahan. mohon di maafkan ( hehehee )

Balas

Makasih mas Em Albar, gak apa-apa kok, sukses selalu ya :)

Balas

ngeri ya..padahal dibungkusnya sudah dikasik peringatan bahaya rokok tpi susah meninggalkannya bila sudah kecanduan. Malah ada yg bilang lebih baik g makan daripda g merokok..!! Ironi memang.. Untungnya saya g ngerokok mas..

Balas

kalau melihat bahayanya memang takut... tapi tetep mamang belum bisa berhenti merokok

Balas

@Babol Only: Untunglah mas gak ngerokok, ngirit duit juga khan? haha....
@Muslimedica: Makasih sob buat pujiannya, makasih udah mampir komen :)
@Mang Yono: Hati-hati mang, bahaya loh :)

Balas

@Herbalife Murah Pusat: Sama-sama sobat... :)

Balas

pamanku kuat sekali merokok dan ga mau ngerti tuk berhenti. lumayan buat refensi nich

Balas

@Titik Salsabila: Wah pamannya perlu dikasih tahu tuh kalo merokok sangat berbahaya buat kesehatan... semoga artikel ini bisa bermanfaat :)

Balas

maaf sob telat berkunjung. saya sendiri masih dalam program mengurangi merokok, lumayan tambah hemat buat pengeluaran. sangat bermanfaat artikelnya sob, liat videonya jadi serem ngerokok, wkk...

Balas

@Buret: Iya sob selain bisa mengurangi efek negatif dari rokok juga bisa ngirit duit, makasih sob udah mampir :)

Balas

how danger smoking is....just stay away from ciggarets

Balas

@dr. Tubagus: Yes dr. Tubagus, smoking is not good for health... thanks for visiting my blog.
@Noor Mala Shahar: Betul, merokok sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Balas

Merokok juga ga cuma merugikan buat si perokoknya..tapi juga buat orang yg di sekitarnya....

Balas

@budi os 19: Betul sob, karena itu buat orang yang merokok sebaiknya morokok di tempat khusus jadi tidak mengganggu orang disekitar... :)
@kumpulan film terbaru: Sama-sama gan... semoga bermanfaat :)

Balas

Info bagus gan,semoga setelah membaca tulisan ini jadi bisa mengurangi roko :)

Balas

@The Beatles Lyric: Mudah-mudahan sob... semoga bermanfaat :)

Balas

Thanks atas informasinya, buat saya yang merokok sangat bermanfaat sekali !

Balas

Makasih sob, mudah-mudahan bisa dikurangin ngerokoknya... :)

Balas

Yaa ampun...badan saya kaya gimana yaa dlm 1 bln saja saya minimal 50 bungkus roko yang saya hisap..

Balas

Wah hati-hati sob, kalau bisa dikurangin ngerokoknya :)

Balas

Uraian yang sangat runtut dan bahasa yang digunakan sangat sederhana, sehingga informasi yang disajikan dalam artikel diatas bisa ditangkap dengan mudah oleh para pembacanya. Informasi tersebut mulai dari sejarah muncul nya rokok, perkembangan perokok, sampai dengan beranekaragam bahaya yang ditimbulkan oleh rokok itu sendiri bagi kesehatan. So, apabila kita ingin sehat, jangan sekali-kali merokok, karena kebiasaan tersebut selain dapat merugikan kesehatan, juga dapat membuat uang saku kita cepat habis. Ini diprioritaskan bagi para pria yang gemar merokok agar segera bertaubat dan berhenti dari kebiasaan buruk merokok hehehehe :D
Thanks mas atas informasnya yang sangat menarik :)

Balas

betul mbak Wahyu merokok memang tanpa kita sadari sudah merusak tubuh kita secara perlahan-lahan, selain itu berapa uang yang sudah dibuang dengan percuma hanya untuk rokok sungguh sayang sekali yah, belum lagi orang disekeliling kita juga mungkin merasa terganggu dengan asap rokok... jadi berhentilah merokok demi masa depan :)

Balas

Oleh karena itu sebaiknya para perokok segera bertaubat untuk berhenti merokok karena dampaknya sangat mengerikan bagi kesehatan dan keuangan :D

Balas

Iya mbak saya setuju sekali :)

Balas

Busett dahhh Semua Bahan bahannya Berbahaya Buat Kesehatan
Untung saya Bukan Perokok Hehe Mkasii yah gan Infonya sangat Bermnftt

Balas

Sama-sama sob, memang merokok nggak bagus buat kesehatan :)

Balas
This comment has been removed by a blog administrator.

Makasih gan buat kunjungannya, saya pasti datang :)

Balas

kesehatan memang harus tetap di jaga biar aktivitas jadi lancar dan tak lupa dilarang untuk merokok
he he he

Balas

untuk saya kagax merokok,,jadi lebih aman,wkwk

Balas

Ane share ya gan....info bagus banget ni

Balas

Silahkan kalau mau di share, semoga bermanfaat :)

Balas

Memang sebaiknya jangan merokok mas agar selalu sehat :)

Balas

Betul mas sebaiknya memang tidak merokok agar selalu sehat.

Balas
This comment has been removed by the author.

Silahkan berkomentar sesuai dengan isi artikel...

--------------------------------------- Mohon perhatiannya --------------------------------------------
1. Dilarang spam disini ya...
2. Dilarang menaruh link aktif di komentar, pasti akan dihapus.
3. Maaf sobat, menaruh URL atau link mati di komentar juga akan dihapus.
4. Komentar yang mengandung unsur iklan, sara maupun pornografi akan dihapus juga.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih atas kunjungannya sobat :)

Copyright © 2013. Rahasia hidup sehat - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger
-->